Kadivpas Jatim Pimpin Apel Lapas Bersinar dan Penggeledahan Gabungan di Kamar Blok Hunian Lapas Madiun

FOTO_UTAMA_19.jpg MADIUN - Lapas Kelas I Madiun menggelar Apel Pencanangan dengan tema "Lapas Bersinar" hari ini (2/11). Selain Pencanangan Lapas Bersinar, kegiatan yang dipimpin Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Asep Sutandar itu juga diadakan penggeledahan kamar hunian warga binaan dan tes urine secara acak.

Kegiatan dihadiri oleh berbagai instansi terkait, termasuk Lapas Pemuda IIA Madiun, Tim Satops Patnal Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jatim, BNNK Nganjuk, Polres Madiun Kota, Kodim 0803, Brimob Batalyon C Pelopor, dan Dinkes Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Asep menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan di Lapas Kelas I Madiun adalah bagian dari implementasi 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju. Menurutnya, Kakanwil Heni Yuwono selalu menekankan hal tersebut kepada seluruh jajarannya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan memberantas peredaran narkoba di dalam Lapas, dan menjadi langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh Lapas/ Rutan di wilayah Jawa Timur," jelas Asep.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan penggeledahan gabungan di beberapa blok hunian di Lapas Kelas I Madiun. Termasuk Blok Hunian D1 s/d D9, H1 s/d H6, dan Blok Wanita.

"Razia penggeledahan dilaksanakan secara rutin untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas, seperti narkoba, ponsel, senjata tajam, dan penggunaan aliran listrik," urai Asep.

Selanjutnya, dilakukan tes urine terhadap warga binaan dan pegawai Lapas Kelas I Madiun. Hasilnya menunjukkan bahwa 14 pegawai Lapas dinyatakan negatif, begitu juga dengan 23 warga binaan Lapas Kelas I Madiun.

Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di dalam Lapas serta mencegah peredaran narkoba di dalamnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

 

 WhatsApp_Image_2023-11-02_at_19.29.55_3.jpegWhatsApp_Image_2023-11-02_at_19.29.55_2.jpegWhatsApp_Image_2023-11-02_at_19.29.55.jpegWhatsApp_Image_2023-11-02_at_19.29.55_4.jpeg

 


Cetak   E-mail