REKONSILIASI LAPORAN KEUANGAN DAN BMN TINGKAT WILAYAH

1

Kepala Divisi Administarsi, Ajar Anggono, membuka kegiatan Rekonsiliasi Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Tingkat Wilayah pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur Semester II dan Tahunan TA 2017 pada Selasa (16/01).

Rekonsiliasi yang dilaksanakan hingga hari Jumat (19/01) tersebut merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama. Hasil rekonsiliasi ini nantinya akan dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi (BAR).

6.16.16.16.1

Dalam sambutannya Ajar mengatakan  bahwa sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam rangka menyajikan laporan keuangan sesuai dengan yang dipersyaratkan. Selain itu rekon tersebut juga dalam rangka mengevaluasi laporan keuangan. “Ada tiga tim dari pusat hari ini, mudah-mudan akan lebih terarah lagi dalam melakukan pelaporan,” terangnya.

Ajar juga menambahkan bahwa pada tahun 2016 lalu laporan keuangan kita mendapat predikat WTP (wajar tanpa pengecualian), maka di tahun 2017 harus dipertahankan. “Mempertahankan itu yang sulit,” tuturnya.  

Perkembangan teknologi saat ini juga membawa perubahan kepada proses laporan keuangan. Persemester pun ada perubahan rekonsiliasi yang dikenal dengan e-rekon. “Alhamdulillah di Kemenkumham selalu update karena selalu dilakukan, apalagi saat ini Kemenkumham juga terus mendengung-dengungkan e-government pasti nyata,” urainya.

Mengingatkan kembali tentang deklarasi janji kinerja yang telah ditandatangani bersama di awal tahun 2018, Ajar mengatakan bahwa hal tersebut merupakan komitmen kita bersama baik di kantor wilayah maupun di UPT. (humas kanwil jatim)  

8888


Cetak   E-mail