Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

 

JATIM – Proses pemungutan dan penghitungan suara di Lapas/ Rutan di Jatim berjalan dengan lancar. Dari hasil rekapitulasi, sebanyak 15.219 WBP menyalurkan hak suaranya di 74 TPS di 38 Lapas/ Rutan yang disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu diungkapkan Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Pargiyono hari ini (18/4). Menurutnya, petugas KPPS di Lapas/ Rutan telah merampungkan tugasnya menunaikan proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019. Dia mengungkapkan bahwa selama proses tersebut, kondisi Lapas/ Rutan sangat kondusif. “Alhamdulillah proses pemilu di Lapas/ Rutan di Jatim berjalan lancar,” tuturnya.

Menurut Pargiyono, salah satu penyebab proses pemilu di Lapas/ Rutan aman adalah sinergitas dan kolaborasi yang terjalin dengan pihak internal maupun eksternal berjalan dengan baik. Memang, selama ini pihak Kanwil maupun Lapas/ Rutan di Jatim aktif melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Mulai dari Dispendukcapil, KPU, hingga kepolisian dan TNI. “Kami memperjuangkan hak pilih dengan maksimal, contohnya di Lapas Surabaya sampai ada 24 Dispendukcapil Kab/ Kota yang melakukan perekaman E-KTP untuk WBP sebagai syarat masuk DPT,” terang Pargiyono.

Dari segi keamanan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI. Sehingga mendapat bantuan pengamanan selama pemilu 2019 ini. Tidak hanya itu saja, dia memastikan bahwa petugas Lapa/ Rutan menjalankan tugasnya dengan professional dan netral. Kedua hal tersebut yang membuat kondusif. Dia pun berterima kasih atas kerja keras jajarannya. Juga kepada seluruh stakeholder yang terlibat. “Semoga kolaborasi yang baik ini bisa terjalin secara berkesinambungan,” tutupnya. (Humas Kemenkumham Jatim)