Galeri Osing Jeruji Buat Hasil Karya WBP Lapas Banyuwangi Punya Nilai Jual

WhatsApp_Image_2021-01-22_at_13.06.43.jpeg

BANYUWANGI - Lengkap sudah proses pembinaan kemandirian di Lapas Banyuwangi. Tidak hanya memproduksi, warga binaan juga diberikan fasilitas untuk memasarkan produknya. Melalui Galeri Osing Jeruji, segala hasil karya warga binaan dipamerkan dan dijual untuk masyarakat umum.

Lokasi galeri tersebut cukup strategis karena memanfaatkan bagian depan lapas yang terletak di jantung Kota Banyuwangi itu. Untuk mampir, pengunjung tak perlu masuk ke lapas terlebih dahulu. "Ini peninggalan Edi Sutrisno Kasi Kegiatan Kerja Lapas Banyuwangi yang meninggal beberapa waktu lalu," ujar Kalapas Ketut Akbar Herry Achjar.

Akbar menjelaskan bahwa galeri ini sekaligus menjadi showroom untuk menjual hasil karya WBP. Banyak barang yang bisa dibeli masyarakat. Mulai lukisan, kaligrafi ukir, souvenir, handycraft dan batik karya warga binaan. "Jangan khawatir dengan kualitas, karena tidak kalah dengan ada yang di pasaran. Bahkan, ada yang kualitas ekspor ke Korea dan Eropa," tuturnya.

Kakanwil Kumham Jatim Krismono mengapresiasi inovasi tersebut. Mantan Kalapas Banyuwangi itu mengungkapkan bahwa saat menjabat dulu, dirinya ingin sekali punya galeri seperti itu. "Saya sangat terkesan dengan legacy yang ditinggalkan pak Akbar, semoga pak Wahyu Indarto bisa mengembangkan upaya tersebut," harapnya. (Humas Kumham Jatim)

 

WhatsApp_Image_2021-01-22_at_13.06.43_1.jpeg


Cetak   E-mail