92 Peserta Ikuti Open Bidding Jabatan Eselon V

 WhatsApp_Image_2021-03-01_at_10.14.22.jpeg

SURABAYA - Kanwil Kumham Jatim berupaya menerapkan keterbukaan pengisian pejabat struktural. Yaitu dengan menggelar open bidding pejabat eselon V. Seleksi wawancara melibatkan pimti pratama dilakukan hari ini (1/3).

Seleksi Wawancara Terbuka Jabatan Eselon V itu digelar di Aula Kanwil Kumham Jatim. Pewawancara merupakan pimti pratama dan pejabat eselon III serta pejabat pembina kepegawaian. Setiap peserta diberikan waktu 10-15 menit untuk wawancara.

Total ada 92 peserta yang mengikuti seleksi. Dari jajaran pemasyarakatan ada 89 orang dan tiga orang dari jajaran keimigrasian. Untuk menerapkan protokol kesehatan, wawancara dibagi menjadi dua sesi.

Kakanwil Kumham Jatim Krismono menjelaskan bahwa para peserta akan diproyeksikan untuk mengisi 26 formasi yang tersedia. Untuk itu, dia meminta jajarannya untuk bersaing secara sehat. "Kita sudah menggelar seleksi secara terbuka, sudah tidak ada lagi peserta titipan, semua memiliki kesempatan yang sama," ujar Krismono.

Sementara itu, Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih mengatakan bahwa kegiatan open bidding ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Indah menyampaikan bahwa seorang pejabat, harus mempunyai kemampuan teknis. Sehingga, sebelum wawancara, mereka terlebih dahulu harus mengikuti seleksi pembuatan makalah. "Selain hard skill, pejabat eselon V juga harus punya soft skill," ujarnya.

Untuk itu, pada wawancara para calon pejabat akan diuji dengan pertanyaan-pertanyaan dari berbagai aspek. Dari waktu 10 menit yang diberikan, ada delapan aspek yang dinilai. Mulai dari aspek penampilan fisik, etika, organisasi, komunikasi, daya tangkap, kepercayaan diri, motivasi dan stabilitas emosi. (Humas Kumham Jatim)

 WhatsApp_Image_2021-03-01_at_10.14.22_1.jpeg


Cetak   E-mail