Beri Asupan 'Gizi' Untuk JF Perancang Per-UU

 WhatsApp_Image_2021-06-23_at_14.48.38.jpeg

SURABAYA - Kanwil Kumham Jatim terus melakukan penguatan dan peningkatan kualitas SDM JF Perancang Peraturan Perundang-undangan (Per-UU). Salah satunya melalui pendalaman materi perancangan peraturan daerah hari ini (23/6).

Kegiatan yang digelar di Aula itu mengambil tajuk Peningkatan Kualitas Produk Hukum Daerah. Dalam kegiatan yang dibuka Kadiv Yankumham Subianta Mandala itu juga dimanfaatkan untuk sosialisasi aplikasi E-Legal Drafting. Kabiro Hukum Pemprov Jatim Lilik Pudjiastuti menjadi narasumber bersama Dosen di Fakultas Hukum Universitas Airlangga Herlambang P Wiratraman.

Herlambang memberikan asupan 'vitamin' kepada para JF Perancang Per-UU. Yaitu dengan tema relevansi teori sociological jurisprudence dalam upaya pembentukan produk hukum daerah.

Dia menekankan pentingnya penggunaan disiplin ilmu lain dalam memahami masalah hukum, baik itu sosial, politik, budaya dll. Selain itu, Herlambang juga menjelaskan terkait partisipasi politik kewargaan dalam proses pembentukan hukum tak lagi bisa proses tokenisme. "Melainkan kesungguhan dalam memahami kebutuhan masyarakatnya–pemberdayaan hukum (legal empowerment)," ujarnya. (Humas Kumham Jatim)

 WhatsApp_Image_2021-06-23_at_14.48.38_1.jpeg

 


Cetak   E-mail