Peringatan Hari Pahlawan ke-74 di Lapas lumajang

COVER HARI PAHLAWAN LUMAJANG.jpg

LUMAJA\NG – Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember 2019 kemarin, seluruh pegawai Lembaga Pemasyaralatan Klas IIB Lumajang mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan pada Senin pagi (11/11) di halaman blok lapas. Upacara dipimpin langsung oleh Kalapas Lapas Klas IIB Lumajang Ahmad Tohari, Amd.IP, S.Sos, MH.

Membacakan amanat Menteri Sosial, Kalapas mengatakan bahwa setiap Hari Pahlawan kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen bersejarah dalam merebut kemerdekaan. Momentum ini tentunya bukan hanya sekadar hadiah atau sekadar seremonial semata, melainkan untuk menegang para jasa pahlawan yang telah gigih berani, rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya dalam rangka memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Presiden Soekarno pernah mengatakan “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri”. Mungkin pada waktu itu ketika Indonesia baru merdeka, kalimat ini sulit dimengerti. Bagaimana mungkin melawan bangsa sendiri lebih sulit dari melawan penjajah.

Namun seiring berjalannya waktu, sejarah membuktikannya. Justru narasi-narasi perpecahan dan kekerasan bermula dari anak bangsa sendiri. Perbedaan yang dulunya dijadikan sebagai kekuatan untuk membangun semangat melawan penjajah, cita-cita Indonesia merdeka, dan mempertahankan kemerdekaan. Tetapi hari ini, perbedaan seolah-olah menjadi alat yang paling ampuh untuk memecah belah antar anak bangsa dari suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda.

Negara ini berdiri di atas perbedaan-perbedaan, satu sama lain saling memahami dan saling mengerti. Satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Generasi muda hari ini wajib mengetahui sejarahnya agar tidak mudah untuk dipecah belah antar anak bangsa. Kesatuan dan persatuan yang telah dirajut oleh founding fathers kita, sudah semestinya kita rawat dan jaga dengan sebaik mungkin.

(Humas Lapas Lumajang Jatim)

 

Foto lainnya >>

IMG_7245.JPGIMG_7213.jpgIMG_7216.jpgIMG_7222.jpgIMG_7235.JPGIMG_7252.JPG

 


Cetak   E-mail