Gandeng Kemendag, Bahas Pengembangan Desain Ekspor Produk WBP

WhatsApp Image 2018-09-18 at 12.00.37 PM.jpeg

SURABAYA - Upaya meningkatkan nilai jual produk hasil pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus diupayakan Kemenkumham RI. Hari ini (18/9) Ditjen Pemasyarakatan bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengadakan seminar membahas Pengembangan Desain Ekspor Produk WBP.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Mercure Surabaya. Acara tersebut dihadiri oleh Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Anas Saeful Anwar dan Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kemendag, Marolop Nainggolan. Turut hadir pula Pejabat struktural UPT Pemasyarakatan dan Dinas jajaran Pemprov Jatim.

Dalam sambutannya, Bapak Anas mengatakan bahwa meningkatnya ekspor akan menggerakkan roda perekonomian bangsa. Lapas/ Rutan menjadi bagian roda penggerak perekonomian karena ada program pembinaan WBP berupa bimbingan kerja. Yang menjadi program unggulan karena menghasilkan produk yang berdaya saing dan bernilai jual. "Kegiatan ini sangat positif untuk menunjang hasil produksi WBP," terangnya.

Ditambah lagi, beberapa kali produk WBP yang diikutsertakan dalam pameran, baik tingkat provinsi maupun nasional, selalu mencuri perhatian masyarakat. "Diliriknya produk-produk dari WBP tentu karena kualitas yang bagus," lanjutnya.

Namun, kualitas produk harus terus ditingkatkan termasuk desain produksinya. Sehingga semakin menarik pembeli. Karena itulah, diadakan seminar yang sangat bermanfaat. Khususnya terhadap petugas lapas yang menangani bimbingan kerja.

Sementara itu, bapak Marolop dalam sambutannya menjelaskan bahwa desain sangat penting dalam memasarkan sebuah produk. Apalagi pasar yang dituju belum diketahui secara pasti. Kita berharap dengan kegiatan seperti ini produk WBP siap untuk diekspor. Selain mengenai desain akan diberikan wawasan juga terkait dengan pasar-pasar yang dijadikan sasaran penjualan produk WBP. "Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari MoU yang diteken oleh Mendag dan Menkumham terkait pengembangan hasil produksi WBP," terangnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-09-18 at 10.39.44 AM.jpegWhatsApp Image 2018-09-18 at 10.39.44 AM (1).jpegWhatsApp Image 2018-09-18 at 10.39.43 AM.jpegWhatsApp Image 2018-09-18 at 10.39.39 AM.jpeg

Cetak   E-mail