Mayoritas WBP Lapas Porong Puas Dengan Cita Rasa dan Penampilan Menu Makanan

 WhatsApp_Image_2020-01-29_at_16.00.28.jpeg

SURABAYA – Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan monitoring terkait survei kepuasan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terhadap menu makanan yang dikelola oleh Lapas Kelas I Surabaya di Porong kemarin (28/1). Hasilnya mayoritas WBP mengaku puas dengan cita rasa dan penampilan menu makanan.

Survei ini dilakukan usai Lapas Porong ditunjuk menjadi salah satu percontohan survei pelayanan menu makanan terhadap WBP di Jawa Timur. Kegiatan survei yang dilaksanakan di Aula MD Arifin Lapas Porong itu, dibuka oleh Kasi Perawatan Prayogo Mubarak. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kabid Yantah, Kesehatan, Rehabiltasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Divisi Pemasyarakatan Slamet Supartono yang didampingi drg. Titisari.

Dalam sambutannya, Slamet mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pemberian makanan bagi WBP. Dasarnya adalah Peraturan MenPAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Perlu diketahui bahwa kegiatan survei kepuasan ini memakai metode random sampling. Dimana 35 penghuni menjadi respondennya. Mekanismenya yaitu dibagikan form survei tanpa diberi nama. “Kemudian responden mencontreng/ mencentang pada opsi gambar emoticon yang tercetak pada tanda cita rasa dan penampilan menu makanan yang disajikan oleh dapur Lapas Porong periode tahun 2019 lalu,” urai Slamet.

Selanjutnya, angket tersebut dimasukkan ke dalam kotak yang tertutup. Sehingga terjamin kerahasian dan kejujuran. Tim perawatan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur memastikan kerahasiaan data yang diisikan responden. “Diharapkan dengan metode ini, responden lebih terbuka dan memberikan penilaian yang apa adanya tanpa ada paksaan dari pihak lapas,” lanjut Slamet. Hasilnya, sebanyak 30 orang responden memilih suka dengan cita rasa menu yang disajikan. Selanjutnya, sebanyak 4 orang responden memilih sangat suka. Dan 1 orang memilih biasa saja. Sedangkan untuk penampilan menu makanan, 25 orang memilih emoticon suka, 5 orang lainnya memilih sangat suka, 2 orang memilih biasa, dan 2 orang tidak memberikan pilhan.

Kesimpulan yang didapat dari hasil survei ini bahwa cita rasa dan penampilan menu makanan yang dikelola oleh Lapas Porong banyak disukai oleh para responden. Yang merupakan penghuni dari Lapas Porong. Dan juga dari hasil survei tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan makanan layak saji yang dikelola oleh dapur Lapas/ Rutan. “Serta yang paling penting meningkatkan derajat kesehatan di Lapas,” tutup drg. Titisari. (Humas Kemenkumham Jatim)

foto lainnya

 WhatsApp_Image_2020-01-29_at_16.01.37.jpeg

 


Cetak   E-mail