Pimti Pratama Ikuti Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-56 Via Teleconference

WhatsApp_Image_2020-04-27_at_11.34.22.jpeg

SURABAYA - Di tengah pandemi COVID-19, Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-56 digelar via Teleconference. Seluruh UPT jajaran Pemasyarakatan dan kantor wilayah di Indonesia mengikuti kegiatan yang dipimpin Plt Dirjen Pemasyarakat Nugroho itu. Termasuk Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jatim yang dipimpin langsung Kakanwil Krismono yang mengikuti dari Surabaya.

Meski dilakukan secara daring, kegiatan yang bertema "Speed Up Berprestasi: Pemasyarakatan PASTI Bersih Melayani" itu berlangsung khidmat. Para pimti yang juga didukung pejabat struktural eselon III Divisi Pemasyarakatan itu mengikuti setiap tahapan upacara.

Menkumham Yasonna H Laoly mengawali sambutannya dengan menghaturkan rasa duka terdalam kepada keluarga besar Pemasyarakatan, juga seluruh rakyat Indonesia, yang ikut terdampak atau menjadi korban pandemi Covid-19.

Yasonna kembali menyinggung kebijakannya melalui Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Menurutnya, kebijakan tersebut sebagai upaya penyelamatan terhadap anak bangsa atau warga negara yang kondisinya saat ini berada di Lapas, Rutan, dan LPKA. “Extramural treatment atau pembinaan di luar lembaga merupakan salah satu program pembinaan yang selama ini telah berajalan dilakukan dengan membaurkan narapidana ke masyarakat umum, itulah makna dari sistem pemasyarakatan,” ujar Yasonna.

Menkumham berpesan kepada jajarannya agar tetap memiliki semangat untuk bekerja dengan penuh dedikasi, memiliki komitmen untuk menjaga integritas moral dan memiliki keyakinan untuk membangun Pemasyarakatan yang lebih baik di masa depan. Juga agar tetap menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai semangat mengabdi dengan tulus dan ikhlas kepada bangsa dan negara.

Usai upacara, Kakanwil menegaskan bahwa pihaknya siap melaksanakan setiap arahan dari Menkumham. Menurut Krismono, jajarannya akan berupaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Mari manfaatkan momentum ini untuk melakukan perubahan dan melatarbelakangi pembenahan secara masif dan total,” ajaknya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya>>

WhatsApp_Image_2020-04-27_at_11.34.22_1.jpeg

 


Cetak   E-mail