Kakanwil Minta Lapas Kediri Terus Genjot Pembinaan

WhatsApp_Image_2020-07-14_at_18.49.27.jpeg

KEDIRI – Pembinaan kemandirian untuk warga binaan yang dilakukan Lapas Kediri mendapatkan apresiasi dari Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono. Namun, kakanwil berharap proses pembinaan terus berjalan dan ditingkatkan. Tidak hanya melulu seputar kemandirian, tetapi juga pembinaan kepribadian.

Berbagai kegiatan pembinaan kemandirian dicek langsung kakanwil dan kadivpas hari ini (14/7). Diantaranya adalah pembinaan pembuatan perabot dari bahan besi dan kayu. Selain itu pembuatan kain tenun, sabun, pewangi pakaian hingga handsanitizer. Dan yang juga menjadi perhatian besar adalah pembinaan dalam bidang pertanian yang dilakukan di lahan asimilasi di daerah klothok. “Tantangan dari upaya pemasyarakatan adalah bagaimana kita mengembalikan warga binaan ke masyarakat dengan skill yang ada,” tutur Kakanwil.

Namun, kakanwil menggarisbawahi bahwa skill yang dituntut tidak hanya hard skill tetapi juga soft skill. Dimana, selain ahli dalam sebuah bidang, warga binaan juga harus mampu menjaga etika dan perilakunya. “Jangan sampai sudah punya keahlian, mampu menghasilkan uang sendiri, tetapi kembali lagi konsumsi narkoba, ini kan kurang tepat,” terang kakanwil.

Untuk itu, Krismono berharap pembinaan kemandirian dan kepribadian berjalan beriringan. Saling menopang satu sama lain. Sehingga menghasilkan pribadi yang komplet. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya>>

WhatsApp_Image_2020-07-14_at_18.49.28.jpeg


Cetak   E-mail