Kemenkumham Jatim Siap Gerakkan Ekonomi Melalui Percepatan Penyerapan Anggaran

WhatsApp_Image_2020-07-24_at_19.12.22.jpeg

SURABAYA - Menkumham Yasonna H Laoly menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk segera melakukan percepatan proses penyerapan anggaran. Kanwil Kemenkumham Jatim siap menjalankan arahan tersebut.

Hal itu disampaikan Yasonna saat memimpin rapat koordinasi pimpinan dalam rangka evaluasi pelaksanaan anggaran Kemenkumham TA 2020 hari ini (24/7). Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama, Pimpinan Tinggi Pratama Unit Sekretariat Jenderal dan Sekretaris Unit Utama hadir langsung di Graha Pengayoman. Sedangkan Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi bergabung via teleconference. Termasuk Kakanwil Krismono yang didampingi Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih dan Kadiv Yankumham Subianta Mandala.

Dalam paparannya, Sekjen Bambang Rantam Sariwanto menjabarkan seluruh hal terkait penyerapan anggaran. Mulai dari capaian kinerja, kendala hingga tantangan ke depan. Termasuk langkah strategis pelaksanaan anggaran 2020. "Ke depan, seluruh jajaran harus menggunakan anggaran dengan cepat, tepat, efiesie dan akuntabel serta berguna menggerakkan ekonomi masyarakat," terangnya.

Sementara itu Yasonna menyebutkan bahwa kebijakan yang harus dilakukan segera adalah percepatan proses anggaran. Karena menyangkut pertumbuhan ekonomi. Karena selama pandemi, IMF memprediksi bahwa pertembuhan ekonomi dunia akan -2,5%. "Bahkan prediksi the world bank lebih dalam lagi sampai -5%," urainya.

Fenomena ini, menurut Yasonna, bukan soal Indonesia saja melainkan Dunia. Dia berharap Indonesia jangan sampai mengalami resesi. Salah satu langkahnya adalah seluruh pengelola keuangan pemerintahan harus ada dalam satu frekuensi yang sama untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran. "Kondisinya extra ordinary, tindakan yang diambil juga tidak boleh biasa saja," ujarnya. "Pada kuarta II dan II kita sudah minus, kuartal ketiga dan keempat adalah kesempatan untuk merebound," terangnya.

Mendengar arahan tersebut, Kakanwil Krismono optimis jajarannya bisa memberikan kontribusi positif untuk menggerakkan roda perekonomian. Mengingat hingga hari ini, penyerapan anggaran jajarannya sudah mencapai 51,87 persen. "Kami akan tindaklanjuti arahan bapak Menteri ke seluruh jajaran agar memiliki semangat yang sama," tegasnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

foto lainnya

WhatsApp_Image_2020-07-24_at_19.12.22_1.jpeg


Cetak   E-mail