Kolaborasi dengan WBP, Lapas Surabaya Bentuk Satgas 4 Sehat 5 Sempurna

WhatsApp_Image_2020-08-22_at_15.47.58.jpeg

SIDOARJO - Lapas Kelas I Surabaya terus beruapaya menciptakan suasana lapas yang nyaman dan aman. Terbaru, hari ini (22/8) Lapas yang terletak di Kecamatan Porong itu membentuk Satgas 4 Sehat 5 Sempurna. Tugasnya menggandeng warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk melakukan kebiasaan sehat di era adaptasi kebiasaan baru ini.

Satgas yang dibentuk untuk melakukan upaya dan pencegahan COVID-19 itu langsung bergerak cepat. Satgas yang terdiri dari 5 pokja yang dikoordinatori para kepala bidang itu langsung terjun ke blok-blok hunian. Dipimpin Kalapas Gun Gun Gunawan, seluruh petugas terlibat dalam pokja tersebut bertanggungjawab sesuai dengan pembagian wilayah blok hunian WBP. Tim satgas dan WBP bahu membahu membersihkan blok dan menjemur kasur. "Satgas melakukan sosialisasi pola hidup sehat, kebersihan kamar dan lingkungan blok," terang Gun Gun.

Tidak hanya sosialisasi, seluruh petugas juga mengajak seluruh WBP untuk aktif berolahraga. Usai berolahraga, petugas membagikan extrafood seperti bubur kacang hijau dan multivitamin. Sebelumnya, multivitamin tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak mulai Dirjen Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham Jatim maupun swadaya dari masyarakat. "Kami pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi WBP bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga daya tahan tubuh WBP tetap tinggi," terangnya.

Gun Gun menjelaskan satgas ini nantinya akan terus melakukan pendataan WBP yang menunjukkan gejala penyakit. Hal ini sebagai upaya deteksi dini sehingga meminimalisir penyebaran segala macam penyakit yang lebih luas. "Kami telah menyediakan blok khusus perawatan untuk melokalisir WBP yang menunjukkan gejala penyakit," tuturnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

foto lainnya

WhatsApp_Image_2020-08-22_at_15.46.21.jpeg


Cetak   E-mail